SRI HARYOSO : JANGAN BERHENTI UNTUK BERPRESTASI

19/09/2019 – 19:11

Gianyar, 18 September 2019 – dalam rangka penutupan pelatihan dasar CPNS Golongan II D3 STAN, Kepala Perwakilan Provinsi Bali, Sri Haryoso Suliyanto, diundang untuk hadir memberikan kesan dan pesan atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Kegiatan dilaksanakan di Wisma Pering, Gianyar pada tanggal 18 September 2019. Dalam acara tersebut, hadir Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan (Kapusrenggar) Diklat PKN, Rio Tirta, Kepala Bagian Perencanaan dan Mutasi, Tjahjo Dwi Agus Idawati, Kepala Bidang Penyelenggaraan Diklat, Aries Ridawati, dan Kepala Sekretariat Perwakilan Provinsi Bali, Ridwan Sani Matondang.

Acara diawali dengan persembahan yel-yel dari peserta diklat CPNS untuk menyemarakkan suasana. Setelah itu diikuti dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan penyelenggaraan diklat oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Diklat. Dalam laporannya, disampaikan bahwa terdapat 2 tahapan yang diikuti oleh para peserta diklat selama pelaksanaan diklat dari tanggal 24 Juni 2019 sampai dengan 11 September 2019. Adapun tahapan tersebut adalah kurikulum pembentukan karakter PNS dan kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas. Diketahui bahwa para peserta baru saja menyelesaikan ujian habituasi dengan nilai rata-rata baik dan memuaskan, bahkan inovasinya dijadikan usulan inovasi PMPRB oleh perwakilan tempat dilaksanakannya habituasi.

Setelah itu, terdapat penyampaian pesan dan kesan dari Kepala Perwakilan Provinsi Bali.  Dalam kesempatan ini, Beliau menyampaikan kepada para peserta agar mempunyai visi pribadi yang sejalan dengan misi BPK. Beliau meminta kepada peserta agar mengukir waktu ke depan dengan warna-warna, kreasi, inovasi, dan perubahan yang berkualitas. Diharapkan pula agar selalu mengembangkan potensi serta memiliki strategi-strategi pengembangan diri agar dapat mengaktualisasikan potensi menjadi posisi. Tak lupa Kepala Perwakilan menghimbau kepada peserta agar jangan berhenti untuk berprestasi. Berprestasilah tanpa diminta tapi tumbuhkan keinginan-keinginan untuk berprestasi serta selalu menjaga nilai dasar BPK.

Selanjutnya terdapat sambutan dari Kapusrenggar Diklat PKN sekaligus menutup diklat. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan selamat bergabung di keluarga besar BPK RI. Beliau berpesan “Jangan terperangkap pada pola tidak jujur. Jujur itu lead to integrity, lead to independency, dan akhirnya terciptalah profesionalisme”. Diingatkan juga kepada peserta didik agar selalu humble dalam bersosialisasi, adaptif, bisa menyesuaikan diri baik di tempat tinggal, lingkungan kerja, maupun budaya. Dan di akhir sambutannya, Beliau berpesan agar jangan lupa doa, usaha, ikhtiar, dan tawaqal. Lakukan yang terbaik yang bisa kita dapatkan tapi jangan pernah mengharapkan reward di awal. Acara secara resmi ditutup dengan ketukan palu oleh Kapusrenggar Diklat PKN dan secara simbolis dilakukan pelepasan tanda pengenal peserta didik yang menandai berakhirnya fase diklat CPNS tersebut. (aa)