PERINGATI HARI KELAHIRAN PANCASILA, BPK PERWAKILAN PROVINSI BALI GELAR UPACARA BENDERA

02/06/2019 – 07:12

Denpasar, 1 Juni 2019 –¬† Dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2019, segenap pelaksana BPK RI seluruh Indonesia menggelar kegiatan upacara bendera di kantor perwakilan masing-masing, tak terkecuali dengan kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali. Upacara dilaksanakan di halaman gedung BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Upacara dimulai pukul 08.00 WITA dan diikuti oleh seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Bali. Pada kesempatan ini, Kepala Perwakilan Provinsi Bali, Sri Haryoso Suliyanto bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara untuk Komandan Upacara adalah Made Merta.

Dalam upacara kali ini, Kepala Perwakilan berkesempatan untuk membacakan sambutan Kepala BPIP. Dalam sambutannya, disampaikan Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat Bangsa Indonesia. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan dan ditanam dalam hati yang suci serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Disampaikan pula, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ‚Äúpolitik harapan‚ÄĚ dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Seluruh masyarakat diminta untuk bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Bagi BPK sendiri, upacara bendera dalam rangka peringatan hari besar nasional merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Hal ini sejalan dengan komitmen BPK untuk menjadikan peringatan hari besar nasional sebagai salah satu sarana menumbuhkan semangat dan disiplin dalam membangun kesadaran kolektif para pegawai BPK menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemeriksa yang mandiri, profesional, dan berintegritas. (aa)