PDTT..?

10/09/2015 – 12:56

PDTT adalah akronim dari Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu. Merujuk pada suatu kegiatan pemeriksaan yang dilakukan dengan tujuan khusus, di luar pemeriksaan keuangan dan pemeriksaan kinerja. Yang termasuk dalam pemeriksaan tujuan tertentu ini adalah pemeriksaan atas hal-hal lain yang berkaitan dengan keuangan, pemeriksaan investigatif, dan pemeriksaan atas sistem pengendalian intern pemerintah.

PDTT merupakan salah satu jenis pemeriksaan yang menjadi kewenangan BPK RI sebagaimana tertuang dalam UU No. 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan. PDTT sering juga dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari pemeriksaan laporan keuangan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Apabila pemeriksa melakukan PDTT berdasarkan permintaan, maka BPK harus memastikan melalui komunikasi tertulis yang memadai bahwa sifat pemeriksaan dengan tujuan tertentu adalah telah sesuai dengan permintaan.

Laporan hasil pemeriksaan dengan tujuan tertentu memuat kesimpulan. Apabila dalam pemeriksaan ditemukan unsur pidana, BPK RI melaporkan hal tersebut kepada instansi yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan paling lama 1 (satu) bulan sejak diketahui adanya unsur pidana tersebut.

Sumber: dirangkum dari berbagai sumber.