PERINGATI HUT BPK KE 72, BPK PERWAKILAN PROVINSI BALI GELAR UPACARA BENDERA DAN SYUKURAN

22/01/2019 – 08:28

Denpasar, 21 Januari 2019 –¬† Dalam rangka memperingati HUT BPK RI yang jatuh pada tanggal 1 Januari 2019, segenap pelaksana BPK RI seluruh Indonesia menggelar kegiatan upacara bendera di kantor perwakilan masing-masing, tak terkecuali dengan kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali. Upacara dilaksanakan di halaman gedung BPK Perwakilan Provinsi Bali pada tanggal 21 Januari 2019.

Upacara dimulai pukul 08.00 WITA dan diikuti oleh seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Bali. Pada kesempatan ini, Kepala Perwakilan Provinsi Bali, Sri Haryoso Suliyanto bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Di awal upacara peringatan HUT BPK RI ke 72 ini, seluruh pegawai mendengarkan selintas sejarah perkembangan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dimana pada tanggal 1 Januari 1947 dibentuklah BPK berdasarkan amanat UUD 1945 pasal 23 ayat (5). BPK terus berbenah, memperbaiki diri, dan berupaya keras melakukan perbaikan keuangan Negara melalui berbagai kegiatan. Di bidang kelembagaan, BPK turut aktif dalam keanggotaan internasional, dimulai dari Tahun 1956 mengikuti INTOSAI, kemudian turut aktif pula dalam kelembagaan ASOSAI, dan menjadi penggagas berdirinya ASEANSAI. Dalam era reformasi, BPK mendapatkan dukungan konstitusional yang memperkuat kedudukan BPK sebagai satu-satunya lembaga pemeriksa yang independen dan professional. Dengan kedudukan dan wewenangnya, BPK semakin kokoh dalam mendorong penegakkan transparansi dan akuntabilitas keuangan Negara yang lebih baik, untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa.

Selain itu, Inspektur Upacara berkesempatan untuk membacakan Pidato Ketua BPK RI. Dalam pidatonya, disampaikan bahwa kekuatan melalui semangat kekeluargaan menjadi tema dalam peringatan HUT BPK ke-72, yaitu ‚ÄúEnergi, Sinergi, dan Prestasi‚ÄĚ. Semangat persaudaraan dan kekeluargaan antar insan BPK merupakan energi yang besar dan harus semakin dikuatkan dengan sinergi setiap unit kerja agar BPK semakin dikuatkan dengan sinergi setiap unit kerja agar BPK semakin berprestasi dalam mewujudkan pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

Disampaikan pula, keaktifan BPK di dunia internasional adalah bagian dari peningkatan kapabilitas pemeriksa dan menunjukkan kemampuan anak bangsa dalam pemeriksaan lembaga internasional. BPK telah berkomitmen untuk melaksanakan pemeriksaan yang lebih menyentuh isu-isu sentral dalam masyarakat melalui kebijakan Tema dan Fokus Pemeriksaan. Keberhasilan dalam melaksanakan kebijakan Fokus Pemeriksaan ini berdampak positif bagi kematangan organisasi BPK agar meningkat dari level insight menjadi foresight.

Setelah upacara bendera, acara dilanjutkan dengan kegiatan syukuran hari ulang tahun BPK ke-72 di Aula Kantor Perwakilan Provinsi Bali. Acara ini diisi dengan pentas kreativitas seni pegawai BPK, pembagian hadiah lomba olahraga, serta pemberian penghargaan BPK Bali Award. (aa)