KEPALA PERWAKILAN PROVINSI BALI JADI NARASUMBER DALAM SOSIALISASI PEMANFAATAN DANA BOS SD DAN SMP DI BULELENG

17/11/2018 – 10:13

Denpasar, 16 November 2018- Memenuhi undangan Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Kepala Perwakilan Provinsi Bali, Sri Haryoso Suliyanto, hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi bertema Pemanfaatan Dana BOS SD dan SMP. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Kesenian Gde Manik, Singaraja dan dihadiri oleh elemen pengelola dana BOS SD dan SMP se-Kabupaten Buleleng.
Acara diawali dengan laporan dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kabupaten Buleleng sebagai penyelenggara acara. Setelah itu, acara dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Buleleng, Drs. I Ketut Asta Semadi, mewakili Bupati Buleleng yang berhalangan hadir.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan Provinsi Bali menyampaikan paparan terkait pengelolaan dana BOS pada SD dan SMP Negeri pada Kabupaten Buleleng. Dalam paparannya, disampaikan mengenai latar belakang pemberian dana BOS. Disampaikan bahwa BOS yang dikelola SD/SMP dengan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), yang memberikan kebebasan dalam perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan program yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Keterkaitan BPK dalam pengelolaan BOS adalah dari sisi pemeriksaan atas pengelolaan dana BOS dimana dilakukan pemeriksaan untuk menilai dana BOS SD dan SMP telah dipertanggungjawabkan sesuai dengan juknis BOS dan juga menjadi bagian tugas BPK.
Dengan dilaksanakannya sosialiasi ini, diharapkan para pengelola dan BOS SD dan SMP dapat lebih memahami cara mengelola dana BOS dengan baik dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. (aa)