PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA, BPK PERWAKILAN PROVINSI BALI GELAR UPACARA BENDERA

01/06/2018 – 10:13

Denpasar, 1 Juni 2018 –  Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2018, segenap pelaksana BPK RI seluruh Indonesia menggelar kegiatan upacara bendera di kantor perwakilan masing-masing, tak terkecuali dengan kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali. Upacara dilaksanakan di Halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Upacara dimulai pukul 08.00 WITA dan diikuti oleh seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Bali. Pada kesempatan ini, Kepala Sekretariat Perwakilan Provinsi Bali, I Putu Wisudhantara bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara adalah I Komang Arya Supana.

Dalam upacara kali ini, Kepala Sekretariat Perwakilan berkesempatan membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa selama 73 Tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi lain yang berusaha menggerusnya. Selama itu pula, Pancasila telah menjadi rumah bagi kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Disebutkan pula, peringatan Hari Lahir Pancasila ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengignat, momen pemacu, dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Selain itu, disampaikan agar kita berbagi pengalaman dalam ber-bhinneka tunggal ika, dalam bertoleransi, serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan.

Bagi BPK sendiri, upacara bendera dalam rangka peringatan hari besar nasional merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Hal ini sejalan dengan komitmen BPK untuk menjadikan peringatan hari besar nasional sebagai salah satu sarana menumbuhkan semangat dan disiplin dalam membangun kesadaran kolektif para pegawai BPK menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemeriksa yang mandiri, profesional, dan berintegritas. (aa)