Kasubbag Humas dan TU Ikuti Pelatihan Produksi dan Editing Video Gelombang III

30/03/2018 – 13:39

Jakarta, 26 Maret 2018 – Untuk memberdayakan dan memperluas kegiatan peliputan kegiatan BPK, Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK menyelenggarakan Pelatihan Produksi dan Editing Video untuk BPK Perwakilan Gelombang III. Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari praktisi di media penyiaran Andi Lukman Hakim (Koordinator Cameraman Berita Kompas TV) dan Rama Sugeng (Co-Founder, Director, Post Production Director Tuner Indonesia), serta knowledge sharing pengalaman dari Biro Humas dan Kerja Sama Internasional.

Pelatihan Produksi dan Editing Video dilaksanakan pada tanggal 26 sampai dengan 29 Maret 2018 di Meeting Room Hotel Harris FX Sudirman, Jakarta Pusat. Peserta pelatihan berasal dari 11 Perwakilan, Biro SDM, dan Badan Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara BPK. Dari Perwakilan Bali sendiri diwakili oleh Kasubbag Humas dan TU, Ida Ayu Putu RIsnawati beserta dua staf Subbag Humas dan TU.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Bagian Pengelolaan Informasi Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK, Adelina Silalahi. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa dalam peliputan berita ada beberapa kriteria untuk dipenuhi agar berita tersebut layak untuk terbit, seperti penting, menarik, aktual, dan faktual. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masing-masing Perwakilan nantinya dapat memproduksi serta mengedit video sendiri apabila ada kegiatan yang memerlukan dokumentasi berupa video sehingga tidak selalu bergantung pada Biro Humas dan Kerjasama Internasional di pusat.

Dalam penyelenggaraannya, pelatihan dibagi menjadi tiga tahap. Hari pertama adalah pembelajaran tentang pengenalan alat dan software yang dipakai untuk memproduksi video serta dasar-dasar videografi. Hari kedua mempelajari mengenai praktik produksi dan editing video dimana praktik pengambilan video dilaksanakan di sekitar Kantor Pusat BPK RI. Peserta dibagi menjadi enam kelompok dengan tema peliputan yang berbeda. Dan pada hari ketiga, peserta melakukan finishing editing video serta evaluasi. Dari enam video yang dihasilkan, video karya dari Perwakilan Bangka Belitung dan Kalimantan Timur dengan tema “Tempat Penitipan Anak Tunas Bangsa BPK” memperoleh nilai tertinggi sehingga dinobatkan menjadi video terbaik pada Pelatihan Produksi dan Editing Video Gelombang III. (aiz)