DIREKTORAT LITBANG BPK RI LAKUKAN DISEMINASI PRODUK LITBANG PDTT II DAN FGD TERKAIT PERMASALAHAN PBJ DI PERWAKILAN PROVINSI BALI

29/03/2018 – 19:49

Denpasar, 29 Maret 2018 – Dalam rangka pengenalan produk-produk Subdirektorat Litbang PDTT BPK RI, khususnya Seksi Litbang PDTT II, Direktorat Litbang melakukan diseminasi Panduan Pemeriksaan atas Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Keuangan Partai Politik (LPJ Banparpol) dan perangkat lunak lainnya yang terkait pemeriksaan investigatif dan pemeriksaan berperspektif lingkungan di Perwakilan Provinsi Bali.

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai III Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali pada Kamis 29 Maret 2018. Diikuti oleh 39 peserta, kegiatan ini dipandu oleh 2 orang narasumber dari Direktorat Litbang BPK RI, yaitu Oktarika Ayoe Sandha dan Chandra Puspita Kurniawati. Dalam diseminasi ini, dibahas terkait konsep penghitungan keuangan Negara (PKN) oleh BPK serta tahapannya sehingga pemeriksa dapat memperoleh gambaran tentang permintaan PKN yang dapat diterima dan ditindaklanjuti sampai dengan melaporkan hasil PKN tersebut kepada pihak yang berwenang. Selain itu dibahas pula mengenai bisnis proses pengelolaan banparpol dan cara melakukan pemeriksaan LPJ banparpol dan cara mengenali fraud dalam pemeriksaan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat mengenal perangkat lunak yang telah diterbitkan oleh Seksi Litbang PDTT II dan memahami produk yang dipaparkan sehingga dapat memanfaatkannya dalam kegiatan pemeriksaan. (aa)