KEPALA SEKRETARIAT PERWAKILAN PROVINSI BALI HADIRI RAKOR KEHUMASAN BPK TAHUN 2018 DI YOGYAKARTA

13/03/2018 – 08:46

Yogyakarta, 12 Maret 2018 – Dalam rangka menyatukan visi kehumasan BPK Tahun 2018, Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kehumasan. Rapat koordinasi tahun ini menekankan kepada para insan humas di BPK mengenai pentingnya komunikasi dan etika berkomunikasi, peningkatan kemampuan penulisan berita, serta kerjasama dan inisiatif.
Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 12 Maret sampai dengan 14 Maret 2018 di Ballroom Hotel Tentrem, Yogyakarta. Kegiatan dihadiri oleh kurang lebih 150 peserta yang terdiri dari para Kepala Sekretariat Perwakilan, Kepala Subbagian Humas, maupun staf Subbagian Humas. Dari Perwakilan Provinsi Bali sendiri diwakili oleh Kepala Sekretariat Perwakilan, I Putu Wisudhantara, Kepala Subbagian Humas dan TU, Ida Ayu Putu Risnawati, beserta 2 orang staf dari Subbagian Humas dan TU.
Acara diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh ketua panitia, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, Raden Yudi Ramdan. Dalam laporannya, disebutkan mengenai pentingnya Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) karena bertugas menjelaskan dan memberikan pelayanan kepada stakeholder BPK, terutama di daerah. Hal tersebut melatarbelakangi pemberian penghargaan PIK dalam kegiatan ini.
Selain itu terdapat pengarahan dari Sekretaris Jenderal BPK, Hendar Ristriawan, sekaligus membuka kegiatan rapat koordinasi. Dalam arahannya, beliau menyampaikan mengenai kondisi lingkungan saat ini yang serba digital dimana dalam penyampaian pesan sudah tidak ada hierarkikal. Penyampaian pesan saat ini bisa kepada siapa saja tanpa melihat peran atau status orang tersebut, termasuk di dalam lingkungan organisasi. Disampaikan pula untuk mewaspadai berita hoax karena saat ini sangat mudah seseorang menyebarkan sesuatu tanpa melakukan proses cek dan ricek padahal yang disebarluaskan tersebut belum tentu benar.
Kegiatan secara resmi dibuka dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Jenderal BPK. Dengan adanya pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi ini, diharapkan dapat terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik antara Biro Humas dengan seluruh Subbagian Humas di Perwakilan. (aa)