BPK PERWAKILAN BALI GELAR “BPK GOES TO SCHOOL” DI SMA NEGERI 3 DENPASAR

11/12/2017 – 16:09

Denpasar, 11 Desember 2017 – Bertemakan “Mengenal BPK Lebih Dekat”, BPK Perwakilan Provinsi Bali menggelar acara BPK Goes To School di SMA Negeri 3 Denpasar. acara ini bertujuan untuk mengenalkan BPK kepada masyarakat, salah satunya para siswa SMA Negeri 3 Denpasar. Peserta acara ini adalah para siswa kelas X SMA Negeri 3 Denpasar.

Acara dilaksanakan pada hari Senin, 11 Desember 2017 pukul 08.30 WITA. Adapun Kepala Subbagian Humas dan TU Perwakilan Provinsi Bali ditunjuk sebagai pembicara dalam acara ini. Acara dimulai dengan sambutan Kepala Sekretariat Perwakilan (Kasetlan) Provinsi Bali, I Putu Wisudhantara. Dalam sambutannya, Kasetlan menyampaikan terima kasih atas apresiasi guru dan siswa SMA Negeri 3 Denpasar terhadap waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada BPK Perwakilan Provinsi Bali untuk memperkenalkan BPK kepada para siswa. Disampaikan pula, program ini dirancang BPK untuk lebih mendekatkan diri kepada stakeholder.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 3 Denpasar, Drs. Ketut Suyastra menyampaikan bahwa pengelolaan keuangan sekolah salah satunya dikawal juga oleh para siswa. Acara ini merupakan kesempatan yang baik bagi para siswa untuk mengenal BPK lebih dekat. Setelah penyampaian sambutan oleh Kasetlan Bali dan Kepala SMA Negeri 3 Denpasar, dilakukan penyerahan plakat dari BPK Perwakilan Provinsi Bali yang diwakili oleh Kasetlan Provinsi Bali kepada Kepala SMA Negeri 3 Denpasar.

Pengenalan BPK diawali dengan pemutaran film BPK berjudul “Kertas Si Omas”. Film BPK ini terinspirasi dari hasil pemeriksaan BPK tentang pengelolaan tenaga kerja Indonesia tahun 2010-2011. Selain film, diputar juga video pengenalan BPK dan video tugas BPK. Para siswa nampak antusias menyaksikan film dan video tersebut.

Pengenalan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Subbagian Humas dan TU Perwakilan Provinsi Bali, Ida Ayu Putu Risnawati. Dalam paparannya, disampaikan apa itu BPK, bagaimana kedudukan BPK menurut UUD 1945, tugas-tugas BPK RI, kewenangan BPK RI, jenis pemeriksaan, jenis opini pemeriksaan, dan seputar BPK Perwakilan Provinsi Bali. Setelah pemaparan selesai, dilakukan sesi tanya jawab untuk mengakomodasi siswa yang ingin bertanya lebih lanjut tentang BPK.

Kegiatan ini dikemas dengan ringan dan menyenangkan. Tidak hanya pemaparan, tapi juga terdapat games untuk menarik atensi para siswa. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat d.h.i para siswa SMA Negeri 3 Denpasar dapat lebih mengenal BPK baik secara fungsi maupun proses kerjanya. (aa)