PERWAKILAN PROVINSI BALI PAPARKAN PERATURAN DAN PERAN BPK DALAM BIDANG PEMERIKSAAN

24/10/2017 – 17:09

Denpasar, 24 Oktober 2017 РBPK Perwakilan Provinsi Bali menerima kunjungan sekira 85 orang Mahasiswa dan Dosen dari Universitas Semarang. Kunjungan ini merupakan bagian kegiatan Kuliah Kerja Lapangan mahasiswa Universitas Semarang dan untuk ke 3 kalinya dalam 5 Tahun terakhir berkunjung ke BPK Perwakilan Bali.

Bagi BPK Perwakilan Provinsi Bali sendiri, kegiatan kunjungan mahasiswa merupakan bagian dari kegiatan public awareness, yaitu sebuah kegiatan untuk meningkatkan kesadaran para stakeholders, khususnya civitas akademika, mengenai organisasi BPK RI, serta peran dan kedudukan BPK dalam melakukan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dengan landasan hukum yang kuat yakni Pasal 23 ayat (5) UUD Tahun 1945.

Delegasi Mahasiswa Universitas Semarang disambut langsung oleh Kepala Sub Auditorat Bali II dan Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Bali. Dalam sambutannya, Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Bali mewakiliki Kepala Perwakilan berharap kunjungan ini dapat memberikan nilai tambah dan pengetahuan dalam bidang pemeriksaan sektor publik kepada para mahasiswa. Selama ini, kurikulum jurusan akuntansi di sebahagian besar universitas lebih banyak menitikberatkan pada akuntansi bisnis.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan pemaparan oleh Kepala Sub Auditorat Bali II, I Gusti Ngurah Satria Perwira. Dalam paparannya Kepala Sub Auditorat Bali II menjelaskan secara umum mengenai Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, mulai dari landasan hukum pendirian BPK sampai dengan tugas dan wewenang lembaga ini.

Dijelaskan bahwa BPK RI merupakan satu-satunya lembaga negara yang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri. Peran BPK RI sangat penting untuk memberikan jaminan kepada rakyat Indonesia, bahwa eksekutif telah mengelola dan mepertanggungjawabkan anggaran negara secara benar sesuai dengan standar yang ada.

Diakhir pemaparan, moderator memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan tanya jawab, yang disambut dengan sangat antusias. Banyak muncul pertanyaan kritis muncul dari para mahasiswa, terutama mengenai integritas pemeriksa BPK dan kondisi pemberitaan terkini mengenai BPK RI.

Kegiatan diskusi diakhiri dengan acara pertukaran souvenir. BPK Perwakilan Provinsi Bali diwakili oleh Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Bali, Ida Ayu Putu Risnawati, sedangkan dari Universitas Semarang diwakili oleh, Saifudin, Ketua Lembaga Laboratorium Kajian Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.