HARI PURNAMA KAPAT, BPK PERWAKILAN PROVINSI BALI GELAR PERSEMBAHYANGAN BERSAMA

05/10/2017 – 18:19

Denpasar, 05 Oktober 2017 – Tepat pada Hari Kamis (05/10), umat Hindu di Bali merayakan hari Purnama Sasih Kapat, tak terkecuali dengan pegawai BPK Perwakilan Bali yang beragama Hindu. Segenap Pimpinan dan pegawai BPK Perwakilan Provinsi Bali yang beragama Hindu melaksanakan upacara persembahyangan bersama merayakan hari tersebut.

Persembahyangan bersama dilaksanakan di Padmasana BPK Perwakilan Provinsi Bali. Upacara dipimpin oleh pemuka agama Hindu, Ida Bagus Merta. Sesuai seruan Parisada Hindu Dharma Indonesia, persembahyangan Purnama hari ini serentak dilakukan pada pukul 12.00 WITA.

Menurut kepercayaan umat Hindu, Purnama Sasih Kapat dianggap sebagai hari terbaik dalam melaksanakan upacara Dewa Yadnya di Bali. Apabila ditelaah secara konsep lunar-sistem, bulan dan matahari, Purnama Sasih Kapat merupakan saat dimana posisi Bulan berada pada posisi garis lurus di atas khatulistiwa. Selain itu, berdoa secara serentak di masing-masing tempat suci bertujuan memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar Gunung Agung tidak meletus dan apabila terjadi agar berdampak baik bagi Dunia. (aa)