KEPALA PERWAKILAN HADIRI WORKSHOP PENYUSUNAN LAPORAN PEMERIKSAAN PENDAHULUAN DAN PROGRAM PEMERIKSAAN TERINCI ATAS KINERJA PELAYANAN PERIZINAN

02/10/2017 – 16:30

Jakarta, 2 Oktober 2017 – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia melalui Auditorat Keuangan Negara III menyelenggarakan workshop penyusunan laporan pemeriksaan pendahuluan dan program pemeriksaan terinci atas kinerja pelayanan perizinan. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Santika Premiere, Jakarta dan diikuti oleh 9 perwakilan BPK, termasuk BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Kegiatan workshop ini dibuka oleh Plt. Tortama KN III, Blucer Welington Rajagukguk, dan dihadiri pula oleh Tortama KN VI, Dori Santosa, dan Staf Ahli Bidang Keuangan Pemerintah Daerah, Barlean Suwondo. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 2 sampai dengan 6 Oktober 2017. Dari Perwakilan Bali sendiri yang hadir adalah Yulindra Tri Kusumo Nugroho (Kepala Perwakilan sekaligus Penanggung Jawab Pemeriksaan), I Gusti Ngurah Satria Perwira (Kepala Subauditorat Bali II sekaligus Wakil Penanggung Jawab Pemeriksaan), Saepuloh (Anggota Tim Pokja Pemeriksaan Tematik Perizinan), I Made Gede Wirabhuwana (Pengendali Teknis Pemeriksaan), Laurensius Indro Prakoso (Ketua Tim Pemeriksaan), dan Suryani Listyanti (Anggota Tim Pemeriksaan).

Kegiatan ini diselenggarakan untuk mempersiapkan pemeriksaan terinci atas kinerja pelayanan perizinan, dimana pemeriksaan tersebut adalah salah satu pemeriksaan tematik yang dilakukan oleh Perwakilan Bali dengan objek pemeriksaan Pemerintah Kota Denpasar. Dalam workshop ini akan dilakukan berbagai diskusi diantaranya untuk 1) menentukan area kunci berdasarkan RIAS, 2) menentukan tujuan, lingkup, dan sasaran pemeriksaan, 3) penyusunan Better Management Practice dan Audit Desain Matrix, dan 4) penyusunan Program Pemeriksaan. (aa)