PERINGATI HARI KELAHIRAN PANCASILA, BPK PERWAKILAN PROVINSI BALI GELAR UPACARA BENDERA

01/06/2017 – 08:13

Upacara LPDenpasar, 1 Juni 2017 ‚Äď Memperingati hari kelahiran Pancasila ke-72, pada hari ini (Kamis, 1/6) segenap pelaksana BPK RI seluruh Indonesia menggelar kegiatan upacara bendera di kantornya masing-masing, tidak terkecuali dengan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali. Di kantor ini, upacara dilaksanakan tepat di halaman Gedung BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Upacara bendera yang dimulai sejak pukul 08.00 WITA tersebut, diikuti oleh seluruh staf dan pelaksana BPK Perwakilan Provinsi Bali. Adapun yang bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Kepala Perwakilan, Yulindra Tri Kusumo Nugroho.

Kepala Perwakilan selaku Inspektur Upacara dalam kesempatan ini membacakan secara langsung surat sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden menekankan arti penting Pancasila sebagai pedoman bangsa dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

‚ÄúKita ¬†perlu ¬†belajar ¬†dari pengalaman buruk ¬†negara ¬†lain yang ¬†dihantui ¬†oleh ¬†radikalisme, ¬†konflik ¬†sosial, ¬†terorisme ¬†dan perang ¬†saudara. ¬†Dengan ¬†Pancasila dan ¬†UUD ¬†1945 dalam bingkai ¬†NKRI dan ¬†Bhinneka ¬†Tunggal ¬†lka, ¬†kila bisa ¬†terhindar dari ¬†masalah ¬†tersebut. ¬†Kita ¬†bisa ¬†hidup ¬†rukun ¬†dan ¬†bergotong royong untuk ¬†memajukan negeri. Dengan Pancasila, lndonesia ¬†adalah ¬†harapan ¬†dan ¬†rujukan ¬†masyarakat internasional ¬†untuk ¬†membangun ¬†dunia ¬†yang ¬†damai, ¬†adil dan makmur ¬†di ¬†tengah ¬†kemajemukan‚ÄĚ, ujar Presiden dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Perwakilan.

Bagi BPK sendiri, upacara bendera dalam rangka peringatan hari besar nasional merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Hal ini sejalan dengan komitmen BPK untuk menjadikan peringatan hari besar nasional sebagai salah satu sarana menumbuhkan semangat dan disiplin dalam membangun kesadaran kolektif para staf dan pelaksana BPK menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemeriksa yang mandiri, profesional dan berintegritas.

Khusus untuk peringatan hari lahir Pancasila, BPK Perwakilan Provinsi Bali baru tahun ini diperingati dengan kegiatan Upacara Bendera. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, dimana hari lahir Pancasila diperingati dengan upacara pengibaran bendera merah putih. (bd)