BPK DAN ANGGOTA GOVERNING BOARD ASOSAI BAHAS PERKEMBANGAN STRATEGIS ASOSAI DAN RENCANA KE DEPAN

13/02/2017 – 17:34

Asosai Governing BoardDenpasar, Senin, 13 Februari 2017 –BPK RI bersama dengan anggota Governing Board Asian Organization of Supreme Audit Institutions (ASOSAI) membahas perkembangan capaian strategis organisasi ASOSAI dan rencana ke depan pada The 51st ASOSAI Governing Board Meeting di Bali, 13-14 Februari 2017, yang dibuka oleh Ketua BPK RI, Harry Azhar Azis.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Governing Board (11 SAI lembaga pemeriksa dari negara India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Nepal, Pakistan, Saudi Arabia, Thailand, Turki, dan Vietnam), Audit Committee (SAI Jordania dan Mongolia), dan observer (SAI China, IDI, dan ASEANSAI).

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan ini adalah laporan keuangan ASOSAI tahun 2016, penyusunan rencana anggaran multi-tahun 2018-2020, laporan kegiatan pengembangan kapasitas ASOSAI, laporan progress pencapaian strategis ASOSAI tahun 2016-2021, laporan ASOSAI Journal, laporan tentang kerja sama ASOSAI dengan organisasi regional, serta laporan dari kelompok kerja dan komite yang ada di dalam ASOSAI.

Sebagai bagian dari anggota Governing Board ASOSAI, BPK memiliki peran strategis dalam pembuatan kebijakan ASOSAI serta berpeluang untuk ikut menentukan keputusan strategis ASOSAI. Selain itu, dapat meningkatkan peran BPK dalam kegiatan ASOSAI, serta kegiatan ini dapat meningkatkan hubungan dengan negara ASOSAI lainnya. BPK juga memiliki kesempatan untuk mempromosikan organisasi dan kegiatan ASEANSAI (ASEAN Supreme Audit Institutions) di forum yang lebih besar.

Dalam pertemuan sebelumnya, yaitu ASOSAI Governing Board Meeting ke-50 di Thailand pada Februari 2016, dihasilkan beberapa hal. Antara lain rancangan rencana pelaksanaan Rencana Strategis ASOSAI 2016-2021 yaitu program pengembangan kapasitas SAI anggota ASOSAI, penelitian dan pengembangan akan dilakukan melalui e-learning, meningkatkan pertukaran pengetahuan di antara SAI anggota ASOSAI dan penerapan mekanisme monitoring dan evaluasi.

Selain akan memilih Ketua ASOSAI periode 2021-2024 dan Sekjen ASOSAI 2018-2021, seluruh bahasan dalam pertemuan sesuai dengan tujuan ASOSAI yaitu meningkatkan pemahaman dan kerja sama di antara anggota institusi. (ro-humas)