ANGGOTA IV BPK BERIKAN KULIAH UMUM TERKAIT PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN PERTUMBUHAN EKONOMI BALI DI UNIVERSITAS UDAYANA

18/01/2017 – 15:22

Kuliah Umum A4Bukit Jimbaran, Rabu, 18 Januari 2017 – Anggota IV BPK RI, Prof. Dr. Rizal Djalil hari ini (Rabu, 18/01) melakukan kunjungan ke Universitas Udayana dalam rangka memberikan kuliah umum di universitas tertua di Provinsi Bali tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Wisma Sabha, kompleks Rektorat Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran ini, diikuti oleh sekira 500 orang, terdiri dari mahasiswa, dosen dan segenap civitas akademika Universitas Udayana.

Hadir pula sebagai tamu undangan Wakil Gubernur Provinsi Bali, I Ketut Sudikerta, Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Bali, Yulindra Tri Kusumo Nugroho dan Rektor Universitas Negeri Udayana, Prof. Dr. Ketut Suastika, selaku tuan rumah.

Tema yang diangkat adalah “Pembangunan Infrastruktur dan Pertumbuhan Ekonomi”. Tema ini sejalan dengan bidang tugas Prof. Rizal Djalil, selaku Anggota IV BPK RI yang membawahi pemeriksaan keuangan negara dalam bidang infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Dalam kuliah umumnya, Anggota BPK yang meraih gelar profesornya dari Universitas Padjadjaran ini, menyampaikan mengenai data-data pembangunan infrastruktur yang telah dilaksanakan di Indonesia, berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan oleh BPK. Selain itu, Prof. Rizal Djalil juga memaparkan mengenai capaian-capaian yang telah diraih Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, khususnya dalam bidang sumber daya air, bina marga dan perumahan, serta implikasi capaian-capaian tersebut bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Khusus untuk Provinsi Bali, menurut Guru Besar bidang Ilmu Akuntabilitas Politik Pemerintahan  ini, pada 2016 pertumbuhan ekonomi Bali sudah melebihi pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya berkisar 5%. Adapun pertumbuhan ekonomi Provinsi Bali sendiri mencapai 6,30% pada tahun anggaran yang sama. Pertumbuhan ini selain karena pembangunan infrastruktur yang memadai, pertumbuhan ekonomi didorong oleh faktor pariwisata yang memang selalu menjadi unggulan Provinsi Bali.

Dalam sesi terakhir kuliah umumnya, Prof. Rizal juga menyampaikan rencana pembangunan infrastuktur Bali pada 2017 oleh Pemerintah Pusat. Antara lain yang disebutkan oleh Profesor asal Jambi ini adalah pembangunan Jembatan Penatih di Denpasar, Jembatan Kuning di Nusa Lembongan, beberapa jalan tembus di Kabupaten Tabanan dan Buleleng, Bendungan Sidan di Badung dan lain sebagainya.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 10.00 wita tersebut, diakhiri dengan pidato penutup dari Wakil Gubernur Provinsi Bali.

Pemberian kuliah umum di Universitas Udayana sendiri merupakan kali kedua yang dilakukan oleh Prof. Dr. Rizal Djalil, setelah sebelumnya beliau juga pernah melakukan kegiatan serupa pada 2014 (bd).