PERINGATI HUT RI KE-70, BPK PERWAKILAN PROVINSI BALI GELAR UPACARA BENDERA

16/01/2017 – 10:31

Upacara Peringatan HUT BPK Ke-70Denpasar, Senin, 16 Januari 2017 Sebagai salah satu bentuk rasa syukur atas Dirgahayu BPK RI, tepat pada hari ini (Senin, 16/01) seluruh pelaksana BPK Perwakilan Provinsi Bali gelar Upacara Bendera peringatan HUT BPK RI ke-70, di halaman kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Bertindak selaku Inspektur pada upacara yang diikuti oleh seluruh pelaksana BPK Perwakilan Provinsi Bali ini adalah Kepala Perwakilan, Yulindra Tri Kusumo Nugroho.

Sebagaimana lazimnya dalam setiap upacara bendera peringatan HUT BPK RI, Inspektur Upacara membacakan sambutan Ketua BPK RI. Dalam peringatan HUT tahun ini, Ketua BPK RI, Harry Azhar Azis dalam sambutannya menekankan bahwa usia 70 tahun harus dimaknai sebagai kematangan organisasi.

Kematangan BPK di usia ke-70 tahun diantaranya ditandai dengan transformasi visi di dalam Rencana Strategis BPK Tahun 2016-2020. Jika pada 10 tahun sebelumnya visi BPK lebih fokus pada penguatan kelembagaan, maka visi 2016-2020 lebih kepada peran dan kontribusi BPK sebagai salah satu lembaga negara dalam mencapai tujuan negara.

Kematangan BPK selanjutnya dapat dilihat dengan penetapan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) di HUT ke-70 BPK ini yang menggantikan SPKN Tahun 2007. Penyempurnaan SPKN ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan standar pemeriksaan internasional, nasional maupun tuntutan kebutuhan saat ini.

Selain kematangan dalam berorganisasi, Ketua BPK RI juga menyampaikan capaian-capaian BPK RI dalam setahun belakangan, antara lain peluncuran Sistem Manajemen Pemeriksaan (SMP), Sistem Informasi SDM (SiSDM), Sistem Informasi dan Aplikasi Pemeriksaan dan e-audit, BPK juga meluncurkan Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SiPTL).

Masih dalam kesempatan yang sama, Ketua BPK juga menyampaikan mengenai keberhasilan BPK yang saat ini telah memiliki Auditorat Utama Investigasi, sebagai bentuk respon BPK atas kebutuhan pemeriksaan investigasi dan permintaang penghitungan kerugian negara yang semakin meningkat. Dari sisi infrastuktur, tahun ini BPK juga telah meresmikan Museum BPK RI di Magelang dan Balai Diklat di Gowa, Sulawesi Selatan.

Di tingkat internasional, BPK juga telah meningkatkan peran dan kontribusinya, antara lain dengan terpilihnya BPK menjadi auditor eksternal independen untuk International Anti Corruption Academy (IACA). BPK juga menjadi anggota panel external auditor PBB yang bertugas sebagai lembaga Atom Dunia atau International Atomic Energy Agency (IAEA). BPK juga memimpin Kelompok Kerja terbesar dalam organisasi lembaga pemeriksa sedunia (INTOSAI), yaitu Working Group on Environmental Audit. Di tingkat regional BPK juga menjadi pengurus organisasi BPK se-Asia (ASOSAI). BPK juga menjadi pendiri ASEANSAI dan sampai saat ini masih dipercaya sebagai Sekretariat ASEANSAI.

Mengakhiri sambutannya, Ketua BPK RI juga tidak bosan-bosannya mengimbau dan menekankan kepada seluruh jajaran di BPK RI untuk seluruh menjunjung tinggi integritas, independensi dan perofesionalisme.

Bagi BPK RI, upacara bendera sebagai peringatan HUT BPK RI merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun. Hal ini sejalan dengan komitmen BPK untuk menjadikan peringatan HUT BPK RI sebagai salah satu sarana menumbuhkan semangat dan disiplin dalam membangun kesadaran kolektif para staf dan pelaksana BPK dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemeriksa yang mandiri, profesional dan berintegritas.

Setelah upacara bendera, acara peringatan HUT BPK RI ke-70 dilanjutkan dengan ramah tamah dan pengarahan Kepala Perwakilan kepada seluruh pelaksana BPK Perwakilan Provinsi Bali di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali (bd).