DISEMINASI SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TINDAK LANJUT, BPK PERWAKILAN PROVINSI BALI UNDANG INSPEKTORAT PEMERINTAH DAERAH SE-PROVINSI BALI

20/12/2016 – 17:18

berita-diseminasi-siptlDenpasar, Selasa, 20 Desember 2016 –Untuk mendorong tercapainya peningkatan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan, dan dalam rangka perbaikan pengelolaan keuangan daerah, BPK Perwakilan Provinsi Bali hari ini (Selasa, 20/12) menggelar kegiatan Diseminasi Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut kepada seluruh Inspektorat Pemerintah Daerah di wilayah Provinsi Bali di Aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekira 60 orang peserta dari Inspektorat Pemerintah Daerah di seluruh Provinsi Bali.

Kepala Subauditorat Bali I, Amri Lewa yang memberikan sambutan dalam kesempatan kali ini mengatakan bahwa sistem informasi ini dibuat untuk memberikan kemudahan bagi setiap entitas untuk memutakhirkan data tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Bali secara cepat, akurat dan efisien.

Jika selama ini sistem pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan dilaksanakan secara manual dengan mengundang para Inspektorat maupun pihak terkait, maka melalui sistem informasi ini seluruh data pemantauan hasil tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan dapat diakses secara online dan real time.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini adalah Kepala Subauditorat Jawa Tengah III, Nelson Siregar yang menjelaskan mengenai manfaat sistem informasi ini, bukan hanya bagi BPK RI, namun juga bagi pemerintah daerah secara umum.

“Jika selama ini, pemutakhiran data dilaksanakan secara periodik setiap semesteran, maka melalui sistem informasi ini pemerintah daerah dapat memutakhirkan setiap informasi terkait tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan BPK Ri kapanpun dan dimanapun. Sehingga jika memang ada rekomendasi yang sudah ditindaklanjuti dapat langsung dimasukkan kedalam sistem informasi ini, tanpa harus menunggu satu semester ke depan”, ujarnya.

Selain diseminasi SiPTL, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelatihan mengenai penggunaan secara langsung Sistem Informasi ini kepada seluruh peserta yang hadir.

Sehari sebelumnya di ruangan yang sama, kegiatan serupa juga telah dilaksanakan secara internal yang diikuti oleh segenap pemeriksa BPK Perwakilan Provinsi Bali (bd).