BPK PERWAKILAN PROVINSI BALI TERIMA KUNJUNGAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

02/08/2016 – 16:56

KKLDenpasar, Selasa, 2 Agustus 2016 Sebagai bagian dari kegiatan Kuliah Kerja Lapangan, hari ini (2/7) sebanyak 170 mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang melakukan kunjungan ke kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali. Dalam kunjungan kali ini, para mahasiswa didampingi oleh enam orang dosen pembimbing dari Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Delegasi mahasiswa diterima langsung oleh Kepala Perwakilan, Dori Santosa, didampingi oleh Kepala Subauditorat Bali II, Paula Henry Simatupang dan Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha, Ida Ayu Putu Risnawati.

Dalam sambutannya di depan seluruh mahasiswa yang hadir, Kepala Perwakilan menyambut baik kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ini. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa Universitas Negeri Semarang, namun juga bagi BPK sendiri. Momen seperti ini merupakan salah satu sarana untuk memberikan pemahaman kepada para pemangku kepentingan mengenai peran, tugas pokok dan kewenangan BPK, khususnya dalam melakukan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan pemaparan oleh Kepala Subauditorat Bali II, Paula Henry Simatupang, dengan moderator, staf pada Subbagian Humas dan Tata Usaha, Budi Yanto.

Dalam paparannya Kepala Subauditorat Bali II menjelaskan secara umum mengenai Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, mulai dari landasan hukum pendirian BPK sampai dengan tugas dan wewenang lembaga ini.

Dijelaskan bahwa BPK RI merupakan satu-satunya lembaga negara yang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri. Peran BPK sangat penting untuk memberikan jaminan kepada rakyat Indonesia, bahwa eksekutif telah mengelola dan mempertanggungjawabkan anggaran negara secara benar sesuai dengan standar yang ada.

Kegiatan diskusi ditutup dengan acara foto bersama dan pertukaran souvenir oleh masing-masing lembaga. BPK Perwakilan Provinsi Bali diwakili oleh Kepala Subauditorat Bali II, Paula Henry Simatupang, adapun dari Universitas Negeri Semarang diwakili oleh DR. Partono Thomas selaku perwakilan dari Dosen Senior di Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang (bd).